Sabtu, 14 Juli 2018

BANJARBARU BERINOVASI

Rapat Percepatan RENJA 2019 
Rabu 11, Juli 2018 

Kadisporabudpar, Hidayaturahman, S.Sos, M.Si mengahdiri Rapat Percepatan Rencana Kerja Seluruh SKPD yang ada di Kota Banjarbaru beserta seluruh Kepala SKPD lainnya. Rapat di pimpin langsung Oleh Walikota Banjarbaru, H. Nadjmi Adhani, yang membahas berbagai isu strategis yang harus di kerjakan pada tahun 2019 , ada banyak hal yang harus dibenahi terkait masing-masing SKPD, seperti: untuk Dinas Perdagangan,  Pasar bauntung yang menghadapi permasalahan relokasi, dengan penggantian lahan sehingga harus di adakan pembebasan lahan untuk pembuatan Sport Center yang kurang lebih 15 Hektar. Untuk Perkim, harus di adakannya pendataan ulang lahan Pemakaman yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Banjarbaru, dan di minta untuk menganggarkan pembebasan lahan baru untuk pemakaman yang baru dan harus dikelola secara baik. 
Dinas Perhubungan, untuk mengalokasikan dana Pembelian Bis, juga lahan parkir untuk semua armada angkutan pelajar, bis pariwisata dan lain-lain. Dinas Komunikasi dan Informasi  maksimalkan Aplikasi dan website untuk tahun 2018, sehingga pada 2019 bisa lebih fokus pada jaringan dan sistem. Dinas Lingkungan Hidup, Perlu membenahi management aset, terutama tentang alat bantu angkut, seperti Mobil dan Tossa, juga perlu di perhatikan kembali tentang maksimalisasi TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang ada di Kota Banjarbaru.

             Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan pariwisata untuk tahun 2019  mengacu pada RPJM 2019 yang berbunyi "Peningkatan Kapasitas infrastruktur dan SDM untuk mendukung daya saing sektor Pariwisats sebagai penggerak perekonomian" maka disporabudpar harus lebih berinovasi terutama yang berkaitan dengan promosi pariwisata, seperti di sampaikan Kadisporabudpar, pada tahun 2019 akan di adakan tambahan event baru seperti Festival Badamaran (Lentera ) Festival Murdjani (Mengawah ) Festival Pumpung (Malenggang) dan Festival Kampung pelangi (Fashion).

            Selain itu juga disampaikan rencana Tour kabupaten / Kota untuk memperkenalkan Banjarbaru pada khalayak, Seperti ke HST, HSU, HSS, Tabalong, Kotabaru, Tanah Bumbu dan juga Kota Palangkaraya. agar Indikator Kinerja semakin meningkat, yaitu Jumlah Kunjungan Wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarbaru, baik itu Wisman ataupun Wisnus, dari yang hanya menghabiskan Minggu di Banjarbaru, meningkat menjadi  Jum'at, sabtu, dan Minggu. Diharapkan dalam kunjungan tersebut Disporabudpar bisa menjaul Banjarbaru sebagai Produk utamanya, mengadakan pembagian leaflet, penampilan musik, seniman dan tampilan drama kolosal modern yang mengangkat tema Ayo Ke Banjarbaru, Tentang bagaimana Banjarbaru itu, Banjarbaru dengan berbagai kampung Tematiknya, dari Kampung Pelangi, Kampung Pejabat, Kampung Purun, Kampung Jamu, Kampung Pemuda Korea, Kampung Sayur, Kampung Helbal, Kampung Pendekar (yang akan Rilis ) Kampung Pesona Kasturi dan lain-lain,  Juga Banjarbaru dengan keanekaragaman etnic penduduk dan adat budayanya, Banjarbaru dengan Aneka Hasil Kerajinan dan Makanan Khasnya. Bukan hanya itu , Banjarbaru juga mempunyai Wisata Belanja Modern Q-Mall, dan Cinemax untuk para Pecinta Film, juga Q-water park dan Amanah Borneo Park untuk wahana wisata Keluarga, tak kalah beberapa danau cantik ada di Kota Banjarbaru, dari danau Cermin, danau Seran, danau Galuh juga danau Biru Cempaka. 

       Sedang Untuk Pengembangan Destinasi Pariwisata, Disporabudpar Banjarbaru sudah termasuk dalam daftar penerima bantuan dana DAK (Dana Alokasi Khusus) Dari pemerintah pusat untuk pembuatan berbagai infrastruktur pendukung Pariwisata, seperti pada tahun 2017 Banjarbaru mendapkan bantuan pembutan Dermaga di Embung Sidodadi, Gerai Cinderamata dan Kuliner pada Kolam Renang Idaman serta Gerbang Menuju Kampung Iwak, Yang pada tahun 2018 itu akan berlanjut pembuatan berbagai macam bangunan dari Dana Kementrian Pusat seperti Pembuatan Gerbang pada Kampung Pelangi dan Pejabat juga pada Destinasi Wisata Rumah Pohon , Hutan Pinus dan lain sebagainya. (Orchid_read)


0 komentar:

Posting Komentar

disporabudpar.banjarbaru

MEDIA SOSIAL DISPORABUDPAR